top of page

Lit Painting Group

Public·4 members
Landon Diaz
Landon Diaz

Buku Filsafat Ilmu.pdf _BEST_


Secara historis filsafat merupakan induk ilmu, dalam perkembangannya ilmu makin terspesifikasi dan mandiri, namun mengingat banyaknya masalah kehidupan yang tidak bisa dijawab oleh ilmu, maka filsafat menjadi tumpuan untuk menjawabnya. Filsafat memberi penjelasan atau jawaban substansial dan radikal atas masalah tersebut. Sementara ilmu terus mengembangkan dirinya dalam batas-batas wilayahnya, dengan tetap dikritisi secara radikal.Proses atau interaksi tersebut pada dasarnya merupakan bidang kajian Filsafat Ilmu, oleh karena itu filsafat ilmu dapat dipandang sebagai upaya menjembatani jurang pemisah antara filsafat dengan ilmu, sehingga ilmu tidak menganggap rendah pada filsafat, dan filsafat tidak memandang ilmu sebagai suatu pemahaman atas alam secara dangkal.




Buku Filsafat Ilmu.pdf


Download File: https://www.google.com/url?q=https%3A%2F%2Ftweeat.com%2F2u6n0o&sa=D&sntz=1&usg=AOvVaw0TCWCgSGIjn8fJ0g6HGob8



Pada dasarnya filsafat ilmu merupakan kajian filosofis terhadap hal-hal yang berkaitan dengan ilmu, dengan kata lain filsafat ilmu merupakan upaya pengkajian dan pendalaman mengenai ilmu pengetahuan, baik itu ciri substansinya, pemerolehannya, ataupun manfaat ilmu bagi kehidupan manusia.Pengkajian tersebut tidak terlepas dari acuan pokok filsafat yang tercakup dalam bidang ontologi, epistemologi, dan axiologi dengan berbagai pengembangan dan pendalaman yang dilakukan oleh para ahli. Masih minimnya referensi buku ajar terkait filsafat ilmu dalam proses perkuliahan terkait penunjang ilmu kesehatan masyarakat maka penulis dan tim berupaya menyusun materi tersebut.


Dalam buku ajar ini terdiri dari 5 bab yaitu: Konsep dasar filsafat ilmu, Karakteristik pendekatan filsafat, Issues In Science And Religion, The Logic Of Scientific Discovery menurut Karl R. Popper dan Proyek pengembangan sikap ilmiah. Buku ini disusun sebagai pengantar pengenalan filsafat ilmu dalam aplikasi kesehatan masyarakat.Dalam bidang ilmu kedokteran, pandangan terhadap manusia yang terlalu mekanistik, dan dikhotomik yang memisahkan antara fisik dan psikhis, telah bergeser menjadi lebih bersifat spiritual dan memandang manusia secara holistik dan seimbang, akan mempengaruhi perkembangan ilmu kedokteran, khususnya bioetika. Kecenderungan bioetika sebelumnya yang lebih bersifat sekuler, otonom dan pluralistik akan lebih disesuaikan dengan prinsip etika yang lebih memperhatikan perspektif spiritualitas dan holistik. Dengan adanya penemuan berbagai jenis kecerdasan pada manusia, seperti kecerdasan emosional dan spiritual disamping kecerdasan intelektual mendorong pendekatan pandangan tentang existensi manusia.


  • Untuk pemesanan buku versi cetak silakan mengunjungi link berikut

  • BukuKita.com

  • Gramedia


  • Cari di perpustakaan

  • Semua penjual

0 ResensiUlasan tidak diverifikasi, tetapi Google akan memeriksa dan menghapus konten palsu jika konten tersebut teridentifikasiTulis resensiFilsafat IlmuOleh Iman Jauhari, Azhari Yahya, Darmawan, Mohd. Din, Deepublish if (window['_OC_autoDir']) _OC_autoDir('search_form_input');Tentang buku ini


About

Welcome to the group! You can connect with other members, ge...

Members

  • thejourney27
  • Hanah Baring
    Hanah Baring
  • Landon Diaz
    Landon Diaz
  • Eli Anderson
    Eli Anderson
bottom of page